BTemplates.com

MANFAAT PEREGANGAN OTOT

Anda tentu sering mendengar kalimat stretching/peregangan, tapi tahukah anda kapan waktu terbaik untuk melakukan peregangan otot ? Sebelum atau setelah berolah raga ? dan berapa lama waktu yang baik untuk melakukan peregangan ? 




Stretching atau peregangan sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang banyak, akan tetapi banyak orang yang tidak terlalu menganggapnya sebagai hal yang penting dalam berolah raga. Padahal banyak sekali manfaat yang di dapat apabila kita melakukan stretching/peregangan. 

 1. Lakukan stretching sebelum berolah raga, karena dapat membantu tubuh untuk bergerak lebih efisien selama sesi latihan. 

2. Kekuatan serta kecepatan anda akan bertambah 10 % - 20 %. 

3. Mencegah timbulnya cedera sendi atau otot selama sesi latihan apabila dilakukan sebelum dan sesudah berolah raga. 

Sebaiknya lakukan pemanasan dahulu sebelum melakukan peregangan, lakukan pemanasan dengan gerakan kardio berintensitas rendah misalnya jogging, jalan kaki, atau bersepeda. Tujuannya adalah agar melemaskan dan memanaskan otot-otot yang tegang serta membantu jantung untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh. 

Jangan lakukan peregangan bersebelum melakukan pemanasan (peregangan dan pemanasan adalah dua hal yang berbeda tapi saling berhubungan), karena otot yang dingin akan menyebabkan otot rentan cedera. Lakukan stretching dengan gerakan memutar seluruh persendian tubuh satu per satu selama 10 sampai 30 detik untuk tiap persendian, atau sampai anda merasakan otot tubuh anda mulai mengendur. Gerakan ini akan akan memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan pelumas untuk melindungi permukaan tulang pada persendian tubuh. 

Hal yang harus di perhatikan ketika melakukan stretching. 

1. jangan meningkatkan intensitas gerakan secara mendadak yang membuat otot berkontraksi, karena akan menimbulkan sobekan kecil pada otot. Misalnya : melompat. 

2. Jangan melakukan peregangan sampai menimbulkan rasa sakit, peregangan memang menimbulkan rasa “tidak enak” tetapi bukan rasa sakit. Apabila timbul rasa nyeri, berarti gerakan peregangan anda salah. Segera hentikan. 

3. Perhatikan alur pernafasan anda. Saat posisi tubuh anda meregang, tariklah nafas. Dan saat bergerak, keluarkan nafas. Bernafaslah dengan perlahan dan teratur. 

Kesimpulan
 
Peregangan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja anda suka, saat berolahraga maupun tidak. Yang pasti, luangkanlah waktu 5 sampai 15 menit sebelum dan setelah beraktivitas untuk melakukan peregangan. selain membuat otot lebih "hangat" dan lentur, peregangan juga dapat mengurangi resiko cedera pada otot dan persendian. selamat berolah raga !!!
Share on Google Plus

About Yusep Pelano

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

comments, criticisms, and suggestions will help us to continue to develop this blog, please comment with a sentence polite and do not contain racist or your comment will be removed, thanks