Apa Kabar Situ

WEDNESDAY, 03 AUGUST 2011 11:07 ARTHA SENNA, REPORTER GREEN RADIO
E-mailPrint option in slimbox / lytebox? (info)PDF
http://www.greenradio.fm/images/stories/situ%20pangarengan.jpgSitu Pangarengan, Depok/konservasisitudepok.wordpress.com
Situ Cipondoh yang luasnya 124 hektar yang dibuat sejak zaman Belanda saat sudah beralih ke pihak swasta. Menurut Pitoyo Subandrio, Direktur Sungai dan Pantai DITJEN SDA Kementerian Pekerjaan Umum, sejumlah situ di Jabodetabek banyak yang terancam beralih fungsi.
“Ada beberapa situ yang terancam di seputaran Jabodetabek, seperti Situ Pamulang, Situ Tujuh Muara di Pamulang,  Situ Pangarengan, Situ RRI di Depok, Situ Pedongkelan yang rata-rata di bagian depannya sudah dibuat bangunan-bangunan rumah. Contohnya Situ Cipondoh, ketika kami akan rehabilitasi ternyata izin Hak Guna Bangunan HGB-nya sudah dimiliki oleh swasta,” kata Pitoyo pada Green Radio.
Menurut Pitoyo, situ-situ yang HGB-nya sudah dimiliki swasta silahkan dikelola tetapi tidak boleh dialihfungsikan. “Jika masa HGB-nya sudah habis harus dikembalikan pada pemerintah sehingga bisa direhabilitasi pada kondisi semula, untuk resapan dan konservasi,” tambahnya.
Pengawasan situ, kata Pitoyo, bukan hanya pemerintah pusat dan daerah tetapi juga masyarakat setempat. Di Kota Tangerang,  Badan Pemantauan Kualitas Lingkungan BPLH setempat menyatakan ada lima Situ yang dinyatakan hilang, yaitu Kunciran, Bojong, Plawad, Kambing, dan Kompeni.
Share on Google Plus

About Organisasi Kepemudaan Ganespa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

comments, criticisms, and suggestions will help us to continue to develop this blog, please comment with a sentence polite and do not contain racist or your comment will be removed, thanks