BTemplates.com

PERINGATAN HARI BUMI 2010

Menteri Lingkungan Hidup peringati Hari Bumi bersama masyarakat di Situ Bungur
Tangerang Selatan.

Ciputat, Minggu, 25 April 2010, Sekitar 500 warga masyarakat sekitar Situ Bungur, kabupaten Tangerang Selatan menyambut kedatangan Menteri Lingkungan Hidup Prof.Dr.Ir. Gusti Muhammad Hatta, MS pada peringatan Hari Bumi 22 April  dalam acara kampanye pelestarian fungsi lingkungan hidup dan konservasi Situ yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat/Organisasi Kepemudaan GANESPA.

Situ sangat bermanfaat untuk menyimpan dan sebagai resapan air bagi warga sekitar, hilangnya cadangan air di berbagai wilayah di tanah air disebabkan oleh masyarakat sekitar kurang memahami fungsi dan kegunaan dari Situ sehingga dari 9 situ yang ada di Tangerang Selatan, satu diantaranya telah berubah bentuk menjadi area pemukiman dan ironisnya telah diklaim menjadi milik salah satu pengembang di Jakarta.

Dalam kata sambutannya Menteri Lingkungan Hidup menyampaikan “Perlunya konservasi Situ melalui kegiatan kampanye “tanam dan pelihara pohon” sangat di apresiasi oleh Menteri apalagi yang melakukannya adalah generasi muda dan ini sangat sejalan dengan harapan pemerintah melalui program pengurangan emisi 26% dan upaya tanan dan pelihara 1 Milyar pohon pada tahun 2010 yang direncanakan oleh Presiden Republik Indonesia”.

“Bumi Kita Hanya Satu dan Satu untuk semua”, yang merupakan anugerah Tuhan untuk kebutuhan generasi ke generasi yang suka tidak suka kita semua harus berperan serta untuk melindungi dan melestarikanya inilah merupakan misi utama dari Organisasi Kepemudaan GANESPA pimpinan Sdr. Arizal Maulana.

UU No 32 Tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) salah satu isinya bahwa tanggung jawab pengelolaan lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah, dunia usaha juga masyarakat, sebagaimana bunyi pasal 65  ayat (1) disebutkan “setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari hak azazi manusai”. Sehingga siapapun punya hak dan kewajiban untuk melestarikannya termasuk masyarakat yang berada dikawasan Situ Bungur.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, semua yang hadir disini rasanya sepakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup kita, yang akan kita wariskan kepada generasi mendatang, sehingga generasi penerus kita dapat menikmati alam yang lestari dan bebas dari polusi, karena bumi ini bukan warisan nenek moyang, tapi merupakan titipan dari anak cucu kita komentar Sdr. Arizal Maulana Ketua Umum GANESPA.

Semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini, dengan semangat kebersamaan untuk mencapai tujuan bersama, dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan dan dilaksanakan secara terus menerus, sehingga memberikan dampak yang cukup berarti bagi pelestarian fungsi lingkungan hidup kita. ”Kalau Bukan Kita Siapa Lagi” kata Menteri Lingkungan Hidup dalam menutup sambutannya. Acara dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Menteri dan diikuti oleh pejabat Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Sumber:
Asisten Deputi Partisipasi Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan
Deputi Bidang Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat
Telp/Fax. 021-85904919/021-8580087
Share on Google Plus

About Organisasi Kepemudaan Ganespa

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

comments, criticisms, and suggestions will help us to continue to develop this blog, please comment with a sentence polite and do not contain racist or your comment will be removed, thanks