4 sifat kepemimpinan Rasulullah yang harus ditiru oleh seorang Pemimpin

"Setiap kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang di pimpinnya, Seorang penguasa adalah pemimpin bagi rakyatnya dan bertanggung jawab atas mereka, seorang istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan dia bertanggung jawab atasnya. Seorang hamba sahaya adalah penjaga harga tuannya dan dia bertanggung jawab atasnya." (HR Bukhari)

Keteladanan Sifat sifat Utama yang harus kita teladani adalah
Empat sifat rasul yang sangat mulia , yang harus ditiru dalam berkemimpinan baik pada diri sendiri maupun kepada orang lain :

1.Benar (shiddik) Sifat pertama berbuat shiddik Bicara benar, berkata betul
Karena akhlaknya sangat baik
2.Cerdas (fathonah)Fathonah sifat rasul yang keduaAkalnya panjang sangat cerdasSebagai pemimpin selalu berwibawa
Menyelesaikan masalah dengan tangkas dan bijaksana.
3.Menyampaikan (tablig)Tabligh sifat rasul yang ketiga Cara dan metodenya agar ditiru
Sasaran pertama adalah keluarga
Lalu berdakwah ke segenap penjuru
4.Dapat dipercaya (amanah)Yang keempat bersifat amanahMenyampaikan semua perintah TuhanTidak dikurang tidak ditambahWahyu ditulis, dikumpul perlahan

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang diutus Allah SWT untuk menyempurnakan peradaban manusia.Oleh sebab itu semua sifat Rasulullah wajib ditiru.


Sebelum maupun sesudah menjadi nabi, Rasulullah berperan dalam berbagai profesi, mulai dari penggembala ternak, pedagang, kepala keluarga, kepala pemerintahan, serta panglima perang. Semua dilaksanakan dengan sukses.Saat memilih pemimpinnya, seringkali manusia lupa merujuk pada sifat-sifat Rasulullah. Menurut ajaran yang kita yakini Setelah orang mengucap syahadat Sifat nabi agar diteladani Kalau tak mau disebut pengkhianat.

0 comments:

Post a Comment

BACA LAINNYA

About us

OKP.GANESPA TANGERANG SELATAN
Jl. Witana Harja Pamulang
Banten - Indonesia
Phone : +628567449083
Email : okpganespa@gmail.com
Twitter : @okpganespa